PEMIKIRAN EKONOMI ISLAM IBN KHALDUN : Teori Nilai, Uang dan Harga

| 21 Dec 2016
Teori Nilai, Uang dan Harga.
Teori nilai yang dikemukakan Ibn Khaldun menyatakan bahwa nilai suatu produk sama dengan jumlah tenaga kerja yang dikandungnya. Manusia merupakan elemen penting dalam proses produksi.Dalam teori nilai kerja ini Ibn Khaldun mengemukakan bahwa:
“… segala sesuatu berasal dari Allah. Tetapi, kerja manusia keharusan di dalam setiap keuntungan dan pemenuhan modal. Misalnya dalam pertukangan, dimana faktor kerja jelas terlihat. Demikian juga penghasilan yang diperoleh pertambangan, pertanian, atau peternakan, karena itu kalau tidak ada kerja dan usaha, maka tidak akan ada hasil dan keuntungan.”
Dengan kata lain, substansi nilai itu adalah kerja, dan segala yang terpenting dalam kerja tersebut adalah pencurahan tenaga untuk memproduksi sesuatu yang dapat memenuhi kebutuhan masyarakat.
Mengenai teori uang, Ibn Khaldun menyatakan bahwa ukuran ekonomis terhadap nilai barang dan jasa adalah perlu apabila manusia hendak memperdagangkannya. Ukuran ini harus diterima oleh semua tender legal dan dalam proses penerbitannya harus bebas dari segala unsur subjektif.
Emas dan perak merupakan dua logam yang perlu digunakan sebagai ukuran nilai. Kedua logam ini memenuhi kriteria yang telah disebutkan sebelumnya dan nilainya tidak terpengaruh oleh fluktuasi sebjektif. Ibn Khaldun juga mendukung penetapan emas dan perak sebagai standar moneter. Pembuatan uang logam merupakan sebuah jaminan bahwa sekeping uang logam yang dicetak mengandung sejumlah kandungan emas dan perak tertentu. Dapat dikatakan pula bahwa uang logam bukan hanya ukuran nilai, tetapi dapat pula digunakan sebagai cadangan nilai.
Sedangkan mengenai teori harga, Ibn Khaldun mengemukakan bahwa harga merupakan hasil dari hukum dari permintaan dan penawaran. Apabila suatu barang mengalami peningkatan permintaan atau menjadi barang yang langka, maka harga barang akan naik.Namun apabila barang tersebut melimpah, maka harganya akan rendah. Lebih lanjut, Ibn Khaldun telah menguraikan suatu toeri nilai yang berdasarkan pada tenaga kerja, teori uang kuantitatif, dan teori pembentukan harga melalui proses penawaran dan permintaan.

0 komentar:

Post a Comment

Next Prev
▲Top▲